Senin, 08 Agustus 2011

Babak entry data.

Ahhh ini yang aku tunggu dari berhari-hari yang lalu... Saat dimana semua kontur sudah jelas terdigit dalam lembar peta. Tapi apalah daya, saya lupa data processing di arcview, selupa saya akan di mana letak handstool di coreldraw. Alamak!
Apa boleh buatlah.. menunggu sampai Sigit a.k.a Mbahe pulang dari Sragen untuk belajar arcview (lagi). Ada lagi cerita tentang babak ini yang sangat mendebarkan... Ah sebenarnya biasa aja sih, saya nya aja yang lebay. Jadi kemarin sempet menggebu-gebu banget untuk analisis struktur, kalkir sudah tersedia, Bukunya Grandpa Billings udah siap menemani, ealah si wulfnet dan kawan-kawannya ilang. Jadi inget di Bayat kan berantakan banget tuh bola-bola dunia, jadi nyesel ga ngambil satuuu! Dan setelah itu kawan, semangat saya buat analisis struktur menjadi nihil. Senihil ingatan saya tentang analisis lipatan di sayatan geologi yang kemarin diajarin dosen saya yang ajibb. Eeh saya gatau ya gara-gara wulfnet nya gada atau gara-gara saya gabisa analisis lipatan yang bikin saya males, yang jelas dua-duanya bikin ga ngerjain apa-apa selama tiga hari ini. Trus tiga hari ini gada perkembangan gitu? Ya nggak lah.. kan tiga hari ini smoothing kontur, sambil ga selesei-selesei...
Ribet banget ya!!!
Coba pake global mapper aja yaa. Bisa sih, maksudnya saya udah bisa pake software nya, tapi apa daya srtm yang tersedia gak sedetail peta topografinya Badan Geologi yang walopun terbitan tahun 1978 tapi tetep ajibb. Trus kalopun ada srtm yang hampir menyamai ketelitian peta kontur milik Badan Geologi, pastilah software mapinfo gakan bisa di run di leptop kecuali saya delete semua memori film dan laporan saya. (Kalo pake global mapper buat layout dan masukin data struktur harus juga convert ke mapinfo. Begitu setahu saya. Nah si mapinfo ini softwarenya lebih abot dari global mapper.) Nah yang ini nih yang ngeliatin bahwa saya makhluk yang sangat gaptek. Masa iya aja memori C/ 80 giga habis buat software!!! Udah gitu sisa si D/ itu tinggal 3 giga... Alamak!
Dan karena si saya engga punya HD eksternal, maka dari itu saya putuskan untuk membeli beberapa (baca:banyak) DVD buat mindahin itu yang namanya film-film, software geolog, winfence dan software-software yang saya gatau namanya apa ke dalam DVD-DVD itu. Ckckck emang gaptek banget yak.
Ini juga terjadi ketika saya mau pake dips aja buat analisis struktur. Ya krena si wulfnet dan teman-temannya hilang, saya mikir daripada ribet manual mending pake dips aja. Eeh udah gitu, dips nya blm bisa di instal karena si DVD belum dibeli aja dari kmaren. Helna... Helna... MasyaAllah dah dodolnya!

Yap, akhir kata, karena sudah adzan subuh... Saya ucapkan selamat datang pada babak entry data. Semoga analisis struktur saya dapat berjalan lancar, begitu juga analisis petrografi dan analisis fosil, semoga usaha saya semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga, dan dipermudah dalam proses belajar setiap harinya (amiin)... Bismillahirrohmanirrohim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar