Senin, 02 Agustus 2010

Dari tabrakan sampe kanker payudra.

Semalam, tanggal 1 Agustus 2010 pukul 19.15 WIB saya bersama kakak tingkat saya dan teman angkatan saya Geologi pulang dari bandung menuju semarang dengan menggunakan bis, BE.
Ganyangka aja bisa sebis! Hahahaha.

Biasanya bis macam ini, yang melakukan perjalanan malam akan beristirahat untuk makan malam di daerah Sumedang atau Tasik (tergantung maskapai) dan setelah itu melanjutkan perjalanan kembali. Tepat pukul 22.00 bis yang kami naiki itu melaju kembali ke jln lintas sumedang - tegal. Baru 10 menit melaju dengan kecepatan kira-kira 80km/jam bis itu ngerem.................. cekiiiit. Dug!
Samar-samar terdengar
Allahu Akbar, Astaghrirullahaladzim, Masya Allah, Allahu Akbar.... Waw! Mercy... Sedan. Aduh!
Bis kami Tabrakan!

Astaghfirullahal adzim. Saya bangun dari tidur saya dan beranjak melihat jam. 22.15.
Saya respek langsung mengetik sms : "Mpo, aku tabrakan lah" exit lalu mengetik sms ke nomer berbeda : "adizt, ena ud dijalan plg and u know what?! Bis ena tabrakan ama mobil sedan! Alhamdulillah ena gapp"

Akhirnya Kang Adi lsg meluncur ke bagian depan bis agar bisa ngeliat kejadian dengan leluasa (sebelumnya si akang duduk di no 33,paling belakang!)
"Tabrakan sareng naon kang?" tanyaku
"Mercy. Tp teu aya nu luka-luka da. Selamet sadayana"
Oh Alhamdulillah.

Si bis maupun mobil gabisa maju lantaran dalam sekejap uda dikerumunin banyak orang, "tuiiit tuiiittt tuiiiiit" (suara sirine ceritanya*) dan polisipun datang. 4 anggota tim memakai mobil polisi.
Diskusipun dimulai...
Kayanya panjang bener. Gaminat nonton, akhirnya buka FB. Mau pasang status gaenak pisan, bales komen aja dr si adizt!
akhirnya dicapailah sebuah kesepakatan damai dari pihak si mercy. Krn emang ceritanya dia yang salah, mau nyalip tapi di arah berlawanan kan ada bis kita. Untung aja sii bis dari jauh udah sempet ngerem, mengingat jg bis kan gabs ngerem mendadak. Dan Thanks God banget si sopir tenang bgt pas diskusi keliatannya. Keliatan juga pas dia kembali nyetir bawa b'is kerumah makan 100 m dari tkp untuk menyelesaikan BAP oleh polisi. Si sopir nelepon isterinya kyaknya.... Buset tenag bgt tuh orang, abis kecelakaan juga, dalam hatiku aku cm mikir *jangan2 nih sopir ud berkali-kali ngalamin yg beginian! Sialll. Jadi shock saya.
Si kondektur dengan laganya, nelpon pake hp kanan-kiri. Kayanya agen dan temennya sama-sama BE deh, buat ngabarin dan minta bantuan back up krn lampu kanan rusak dan gamungkin nerusin jalan. (*Jadi kalo maskapai BE ini tuh, kalo ada satu unit mogok, temen2nya pasti ikut berenti dan ngebantuiin, gitu juga kl lg ada kasus2 kyak gni tmen2nya yang di blkg atw ud di depan pasti balik untuk back up apa aja yg bisa dilakuin. Maklum saya langganan maskapai ini, jadi ngerti bgt. hee)

Sedangkan si mercy? Oh oh oh.
Ternyata setelah turun dan pipis di toilet rumah makan yang seadanya itu, saya melihat gacuma pemuda dan bapak2 aja isinya. Tapi sekeluarga, ada isteri, bayi dan anak kecilnya. Aduuu aduu jadi kasiaan.
Dan si empunya mercy yang aduhai (*tapi sayang skrg penyok) itu cm bisa senyum sambil menerima bahwa dia memang salah, terlalu terburu-buru krn ditunggu keluarga di bandung katanya.
Omg!
Pelajaran moral no 30 : Jangan nyetir mercy malam2 dalam keadaan tergesa-gesa! Akibatnya si mercy penyok, dan kerugiannya? (*Kira2 aja sendiri, nih saya ada fotonya)






Edass lah! Itu maap ya potonya mendadak bgt jd ga sempet nyiapin kamera yg agak SLR buat moto itu mercy. (*ah emanga gapunya aja kali!) Jadinya cuma pake kamera hape nukieu seri 3 dengan night mode.
Itu mercy sempet2nya juga saya potret yak?! Mana pake poto diri di samping si mercy (penyok) lagi. Adu adu sepertinya jiwa jurnalist saya ini semakin meletup-letup sejak menyadari keinginan menjadi geologist sedikit terhalagi oleh thorax-ku yang makin lama makin gajelas gambarnya! Ahahaha *alesan.

Ya, selagi nunggu bala bantuan dari unit BE yang lain, akhirnya secara tidak sengaja seorang Om-om menghampiri kerumunan kami, saya kang adi dan dimas. Dan mulai ngalor-ngidul lah si kang adi dan si om ngoceh ttg kejadian td. Oh My God!
Teru si Kang adi tanya, "mas kerja di semarang?"
Om : "Salatiga"
KA: "Oh, kerja apa mas?"
Om: "Oh saya dokter"
KA, aku dan dimas : "Edasss muka-muka dokter emang anda!" (*Tapi dalem hati.)
(Kesempataaaaann)
KA: "Oh, asli bdg?"
Om: "Iya"
KA: "Kedokterannya dulu dimana mas?"
Om : "Padjajaran"
KA: "Smanya bdg?"
Om : "Iya saya sma 3"
KA : "Wah, almamater dongggg" (*dong ding dong)
Kemudian obrolan berlanjut sampai kita tahu bahwa si Om dokter ini adalah asisten riset dari seorang pakar cancer payudara kelas dunia asal Belanda. Saya lupa siapa nama si profesor ahli payudara itu (*Ups). Yang jelas, dari 5 muridnya yang asal Indon, yg bertahan hanya si Om doangg. BEcause of what? Si prof payudara ini disiplin bgt, dan tidak mentolelir keragu-raguan.
Waw!
Klinik mereka ada di Salatiga, namanya..... (*bentar saya ambil kartu namanya dulu)
Breast Assessment Center atau Pusat Penyelidikan Penyakit Payudara, Salatiga.

Jadi si Om dokter (yang bernama Billy) ini berbagi banyak cerita ttg cancer, terutama buat saya yang cew! Jadi di tempatnya si profesor payudara asal Belanda ini, si sel cancer bisa terdeteksi bahkan kalau ukurannya maih < 1mm. Ada alatnya, di Indon cm ada satu aja. Jadi dengan alat itu, sel cancer yang belum jadi tumor bisa langsung dideteksi dan langsung diobati, caranya, tanpa operasi! Wew. Ada juga tuh alatnya, lagi2 di Indon cm ada satu aja. Hah.
Dari si Om dokter juga saya dapat pencerahan bahwa gadis usia 19th aja bisa terkena cancer payudara. Penyebab utamanya adalah hormonal, mungkin pemicunya adalah pemakaian obat2an untuk kewanitaan yang berlebih, menstruasi yang tidak teratur dan age range menstruasi yang terlambat, karena range usia haid pertama pada wanita seharusnya natara 10-13 tahun, di luar itu sebaiknya segera melakukan pemeriksaan sedini mungkin.
Oya, pemakaian pil KB bagi perempuan yang sudah menikah juga bisa memicu cancer loh. Di Indon sendiri kemungkinan seorang wanita (muda maupun tua) terkena breast cancer adalah 9 : 1, artinya dalam setiap 9 wanita mungkin ada satu yang terkena cancer payudara. So, be aware girls! Jaga pola hidupmu mulai dari sekarang, rajin olahraga supaya haid teratur dan lancar. Hehehehehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar