Minggu, 06 Februari 2011

Ekskursi 'KKL' to west Java, 2011

Pertamina Cirebon

Letaknya di Cirebon, sumurnya sendiri terletak di formasi Jatibarang. Tempatnya sangat jauh dari kota Jatibarang sendiri, namun untuk mempermudah penamaan, karena dari jaman Jepang sudah diberinama field Jatibarang, jadi sampai sekarang namanya Field Jatibarang.
Field ini menghasilkan minyak siap 'dikilang'kan sekitar 1400 barrel per day. Kalo skala nasional atau Internasional, termasuk produksi skala kecil.

(Sukses difoto dengan gaya ga kobe!)

Pusat Survey Geologi, Badan Geologi
Jl.Diponegoro no.57, Bandung

Di PSG saya mendapatkan banyak suntikan motivasi. Motivasi untuk segera lulus dan mengabdi untuk negara dengan menjadi peneliti... (mmm bingung yah!)
Alat2nya canggih luar biasa! Beberapa ada yang hanya mereka saja yang punya. Mulai dari alat deteksi mineral mikro super canggih seperti XRD atau X-Ray Diffraction Analysis dan SEM atau Scanning Electron Microscopic
Laboratorium sedimentologi dilengkapi dengan alat untuk menganalisis inklusi fluida...
Laboratorium Geokronologi dengan ilmu baru: Paleomag nya, dan carbon dating, zircon dating...
satu kata buat PSG dan Badan Geologi Bandung: KERENN!!!


(Fotonya salah alamat ya...)

Waduk Jatigede, Cipaku, Sumedang

Pertama kali datang awalnya gayakin disini bakal istim. Setelah penjelasan tentang serba-serbi pembangunan waduk disini, pertama kali yang terlintas adalah: WAW! KEREN! WOUW! dst....
Geologist di sana, Pak Anwar sangat kebapak-an. Beliau menjelaskan detail proses sampai mekanisme seorang geologist dalam proyek pembangunan sebuah waduk.
Yang istimewa, waduk ini terletak di formasi alang atas dan formasi cinambo yang... struktur geologinya kompleks sekali.
Dan suntikan itu saya dapatkan dari Bapak Anwar untuk melakukan penelitian di sana, formasi cinambo.
AMAZING, WONDERFUL dan saya gabisa lagi berkata saat berjalan melihat lokasi pembangunan waduk yang nantinya akan menyuplai listrik Jawa-Bali seberar 100 mW. WOW!
Major fault, minor fault, drag fault, minor fold... Batulempung dengan tebal 25 meter, milonit, Ya Allah.. Segerakan semester 6 Ya Allah.

(Fotonya ada di kamera kelompok, jadi belum bisa di upload)

Di lokasi, ada anjing laki2 yang lehernya kena tumor. *berdasarkan obrolan dengan seorang bapak di sana.
Kasian bgt udah 2th dia tumor. Kalo ukuran umur anjing, itu udah sejak dia kecil.. Bapajnya bilang, udah mau di operasi, tapi harus dibawa ke Bandung, jauh. Atulahhhh...
Nih fotonya

Tuh liat Lehernya...
Kasian ya?
Coba saya dokter hewan...

KKL ini, sangat memberikan motivasi...!!!

Wisata berkedok KKL

Hahahaha. Jadwalnya yang sangat padat dalam jalan2, berbelanja di Kota Bandung dan wisata pantai di Jawa Barat membuat semua orang tua yang saya temui berkerut kening. Mama-papaku di hotel Baltika bilang "kamu teh jalan2 atau KKL sih?!"
Besoknya ketemu mamanya fadin, masih di Baltika hotel juga berkata senada. HAHAHA
Saya mah pasrah...

It's pantai (mana saya lupa) time!

Cantikk yah? Hehe
Dan sekarang... Waktunya tamasya di kampung halaman: Bandung!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar